Analisis Isu dan Kebijakan Pendidikan Islam di Sekolah Pasca Orde Lama

  • Hasanudin Hasanudin Madrasah Aliyah Negeri Lumajang

Abstract

Tulisan ini ingin melihat secara historis tentang diskusrus kebijakan pendidikan Islam di sekolah di masa orde lama. Kajian ini menjadi penting, karena akan menggambarkan kondisi dan kontestasi kebijakan pendidikan Islam di sekolah saat itu. Seperti diketahui, isu pendidikan Islam menjadi hal yang sensitive saat itu karena negarapun saat itu masih dalam proses pemulihan dan mencari bentuk idealnya. Apalagi berbagai pihak menilai Kementerian Agama sebagai pemegang kendali pendidikan Islam menjadi sangat dominan perannya. Bahkan B. J Boland saat itu menggambarkan Kementerian Agama sebagai unique phenomenon in our world. Hasilnya, setelah dikeluarkan peraturan bersama tahun 1946, pada tahun 1951 peraturan bersama dikeluarkan lagi. Isinya mengatur tentang pendidikan agama di sekolah, yakni tentang jam pelajarana agama. Hal ini menunjukkan bahwa pendidikan agama di sekolah sudah mengalami dinamika dan dialektika progresif, sekalipun bukan merupakan mata pelajaran wajib.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-08-15
How to Cite
HASANUDIN, Hasanudin. Analisis Isu dan Kebijakan Pendidikan Islam di Sekolah Pasca Orde Lama. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 188-205, aug. 2017. ISSN 2442-4579. Available at: <https://www.ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/tarbiyatuna/article/view/260>. Date accessed: 29 june 2022.
Section
Article