Spirit Pengelolaan Ojek Online terhadap Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam

Kajian Transformasi Pendidikan dalam Era Revolusi Idustri 4.0

Authors

  • Muhammad Tang Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Furqan Makasar
  • Abdul Rahim Institut Agama Islam Negeri Bone, Indonesia
  • Baso Baso Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Furqan Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36835/tarbiyatuna.v13i2.642

Abstract

Pengembangan lembaga Pendidikan Islam sangat urgen untuk dilakukan sekarang ini, karena masih tertinggal dibandingkan dengan lembaga pendidikan umum lainnya. Lembaga Pendidikan Islam  harus berbenah diri untuk merespon perkembangan zaman digital yang dikenal dengan era revolusi industri 4.0. Tulisan ini hadir untuk menggali, menafsirkan dan mendeskripsikan spirit atau nilai yang terkandung dalam ojek on-line (OJOL) untuk dijadikan  landasan pengembangan lembaga Pendidikan Islam dalam era revolusi industri 4.0. Kemajuan alat informasi dan komunikasi yang teraplikasi dalam ojek on-line merupakan suatu kajian yang menarik untuk ditarik dalam dunia pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif-deskreptif dengan berbasis kepada digital on-line  research (media sosial). Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa spirit yang terkandung dalam Ojek On-Line yang dapat dijadikan sebagai landasan pengembangan lembaga pendidikan islam  di antaranya, yaitu; (1) akses mudah dan terjangkau secara ekonomi, (2) pelayanan yang prima, (3) komponen sistem informasi yang lengkap, (4) membangun sistem jaringan (net working) yang luas, (5) memiliki banyak menu layanan/pilihan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-08-15

How to Cite

Tang, M., Rahim, A., & Baso, B. (2020). Spirit Pengelolaan Ojek Online terhadap Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam: Kajian Transformasi Pendidikan dalam Era Revolusi Idustri 4.0. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, 13(2), 170–189. https://doi.org/10.36835/tarbiyatuna.v13i2.642

Issue

Section

Article